Cara Mudah Mengaktifkan Google Play Store yang Dinonaktifkan

aktifkan Google Play Store yang Dinonaktifkan


Google Play Store ialah service pada handphone Android untuk mengambil program. Tapi kadang service ini alami permasalahan seperti mendadak lenyap. Lalu apa ada cara mengaktifkan Google Play Store yang dinonaktifkan?


Tanpa Google Play Store pemakai Android akan kesusahan untuk mengambil program, dan mayoritas program tidak dapat digerakkan.


Bila alami masalah seperti Google Play yang lenyap atau tiba-tiba berhenti, Anda dapat mengaplikasikan beberapa cara di bawah ini.


 Cara Mengaktifkan Google Play


Google Play Store yang tiba-tiba berhenti pasti membuat pemakai pusing karena tidak dapat dipakai untuk mengambil program. Tapi Anda tak perlu cemas karena jalan keluarnya ada berikut ini:


1. Hapus Account Google Lalu Pasang Kembali

Cara mengaktifkan service Google Play yang pertama dengan hapus account Google selanjutnya terpasang kembali. Account Google terkadang menjadi argumen Google Play tidak dapat bekerja. Adapun beberapa langkahnya seperti berikut:


  • Masuk pada menu penataan lalu tentukan account Google
  •  Masuk pada menu account
  • Click account Google yang ingin dinonaktifkan
  • Lalu tentukan tulisan hapus account (jika opsi ini tidak tampil dapat tentukan icon titik tiga sampai menu ini muncul)
  • Selanjutnya hapus account


Sesudah mengaplikasikan cara mengaktifkan Google Play Store yang dinonaktifkan dengan hapus account Google, Anda dapat memulai untuk mengaktifkan kembali account itu. Berikut kiat-kiatnya:


- Tentukan menu lebih account

- Tentukan tulisan Google

- Tambah account Google lalu masukan password

- Sepakat dengan Persyaratan dan Ketetapan untuk menambah account

- Coba kembali Google Play Store Anda


Simak juga: Apakah itu Hagel dan Bustik di Tiktok yang Kembali Trending (Bahasa Gaul)


 2. Mengaktifkan Google Play dengan Hapus Data Service 


Cara mengaktifkan kembali Google Play Store selanjutnya dengan hapus data service pada Google Play. Umumnya dengan cara ini Google Play dapat kembali berperan, adapun beberapa langkah untuk hapus data service seperti berikut:


- Masuk pada menu penataan selanjutnya tentukan app manajer/apps

- Mencari program Google Play Store

- Masuk pada menu penyimpanan selanjutnya clear penyimpanan

- Ulang cara di atas pada Google Play Serviss lalu re-start handphone


 3. Mengaktifkan Google Play Bila Belum Punyai Account Google


Cara aktifkan Play Store di HP Samsung dan merek yang lain khusus untuk pemakai yang belum mempunyai account Google ialah seperti berikut:


- Membuka program Google Play

- Tentukan menu buat account baru

- Isi data diri yang disuruh, apabila sudah tentukan tulisan selanjutnya

- Buat sandi lalu pencet selanjutnya

- Akan disuruh untuk isi data kembali lalu click saya sepakat dan selanjutnya

- Bila disuruh menu pembayaran, tentukan lain waktu lalu teruskan


 4. Hapus Cache Google Play 

Bila cara mengaktifkan Google Play Store yang dinonaktifkan di atas tidak bekerja, Anda dapat mengaplikasikan cara lain yakni dengan hapus cache ikuti cara berikut ini:


- Masuk pada menu penataan

- Selanjutnya mencari menu apps atau program

- Mencari Google Play Store

- Click program itu lalu tentukan clear cache atau clear data

Sesudah mengaplikasikan cara mengaktifkan service Google Play yang sudah stop ini Anda dapat coba dengan masuk ke account Google. Umumnya kemudian Google Play akan kembali berperan.


 5. Memasang Ulangi Google Play Store 

Cara mengaktifkan service Google Play yang terhapus paling akhir dengan instal ulangi program itu. Bila alami hal tersebut, salah satu cara dengan mengambil program di website paling dipercaya. Selanjutnya Anda dapat menginstal dengan cara berikut ini:

1. Sesudah usai mengambil, akan ada tulisan instal

2. Tentukan lokasi penyimpanan misalkan di SD Card

3. Tunggu hingga proses instalasi usai

Google Play yang tiba-tiba stop memang membuat ketidaktahuan karena benar-benar mengusik performa handphone. Maka dari itu, Anda dapat coba cara mengaktifkan Google Play Store yang dinonaktifkan di atas.


Tersebut beberapa cara mengaktifkan service Google Play yang dapat Anda pakai. Bila Google Play belum juga dapat Anda pakai pada piranti Android punya Anda, hal paling akhir yang dapat Anda kerjakan dengan cara lakukan Faktory Reset. Namun dengan lakukan Faktory Reset ini semua data yang ada di Handphone Android Anda akan terhapus. Maka dari itu penting untuk Anda untuk lakukan backup lebih dulu.